Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal

Baca Juga

Halo sobat proktor,, Assalamualaikum.. Wr.Wb.. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips kepada rekan- rekan proktor semua yaitu Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal.

Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal


Seperti kita ketahui problem ini sering sekali kita jumpai pada saat - saat akan singkronisasi server UNBK , tentunya hal ini membuat kita sedikit panik. atau bahkan jika sobat merupakan proktor baru,. bisa jadi di buat keringat dingin karena hal ini .

Tapi sobat jangan panik dulu, karena kasus ini bukan lah hal yang bersifat fatal.artinya hal ini tidak mempengaruhi terhadap proses pemanggilan VHD dan akan berjalan normal saja.

Namun pada gambar diatas tertulis kita harus mengganti VHD nya dengan VHD yang baru.

Yups benar, saya juga pernah mengalami dan mencoba menggantinya, namun tetap saja pesan error tersebut tidak hilang, alias muncul lagi seperti sebelumnya.ini pengalaman saya pada Simulasi I UNBK 2018.

ada juga yang mengatakan bahwa harus mengganti atau meninstall ulang Virtual Machine, sudah saya lakukan juga dan hasil nya tetap sama. pesan error "VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal"  tetap muncul juga.

Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal

Akhirnya saya memutuskan untuk tetap melanjutkan prosesnya dan menekan tombol Yes.

Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal


langsung berhasil login ke halaman CBT Sync Login. kemudian saya lakukan login seperti biasa dan semua berjalan normal sehingga Simulasi I pun berjalan dengan lancar. 

Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal


Adapun hal yang menyebabkan error ini terjadi. di sebabkan akibat sobat proktor ketika menutup Browser Virtual Machine tidak menggunakan prosedur yang tepat. yaitu dengan menekan tombol (x) silang atau close pada browser.ini merupakan yang salah sangat tidak dianjurkan oleh pihak PUSPENDIK.

padahal prosedur yang tepat seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini



  1. Pilih menu Machine
  2. Tekan ACPI Shut Down 
  3. Kemudian tunggu sampai tertutup dengan sendirinya (terkadang agak lama)
Cara ini merupakan cara yang disarankan oleh pihak PUSPENDIK.
karena apabila tidak menggunakan cara ini, maka dapat menyebabkan kerusakan pada file VHD.

sehingga muncullah pesan error VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal ketika proses cheking VHD. maka kita sebagai proktor UNBK disarankan untuk mengganti file VHD tersebut.

namun sepengalaman saya, andaipun file VHD telah di ganti maka pesan tersebut tetap muncul.
sampai disini sobat proktor tiidak perlu panik. seperti yang sebutkan diatas,lanjutkan saja prosesnya maka semua akan berjalan normal.

Demikian dulu Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal , kiranya dapat membantu. jika ada tips terbaru mengenai kasus ini maka akan segera saya share kepada sobat proktor semua dengan meng-update artikel ini.

semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Mengatasi VHD Ini Telah Mengalami Proses Shutdown Tidak Normal"

  1. terima kasih infonya, sangat membantu, sempat was2 juga

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terima kasih,,,tadi sempat panik soalnya

    BalasHapus
  4. Nyesal aq baru baca artikel nih

    BalasHapus
  5. dan aku sudah menggantukan inul ulang semua APK..tetap juga VMheath3 daaannn akhirnya membaca artikel ini...

    BalasHapus
  6. saya sudah ganti vhd fresh lebih dari 8x tetep saja shutdown tidak normal terdeteksi, bahkan sudah saya install ulang OS juga sama. walaupun walaupun kondisi vhd shutdown tidak normal sudah saya gunakan di simulasi 1 dan simulasi 2 tetep tanpa kendala. dan kondisi ini akan saya gunakan juga saat gladi nanti

    BalasHapus