Thin Client untuk UNBK | INFOKU.s

Baca Juga

Thin Client adalah sebuah komputer kecil yang dirancang untuk mengoptimalkan sistem jaringan terpusat, yaitu dimana seluruh data diolah oleh server kemudian ditampilkan ke client yang sudah terpasang Thin Client.
Jadi client tidak melakukan  komputasi, penginstalan, update dan sebagainya. semua sudah dilakukan oleh server. tugas Thin Client hanya untuk menampilkan saja.
Penerapan Jaringan Thin Client sangat cocok untuk, Laboratorim Sekolah, Perkantoran dan Kursus lainnya yang hanya menggunakan software-software ringan.
bagi sekolah yang melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sangat cocok menggunakan Thin Client. sebab komputer mini ini selain menghemat tempat juga menghemat listrik. yang hanya memerlukan sekitar 5 Watt arus listrik.selain itu kabar baiknya pihak puspendik secara resmi telah meluncurkan Exambro Thin Client di website ubk.kemdikbud.go.id

penerapan thin client

Gambar 1. Thin Client
dengan bentuk yang kecil Thin Client ini bisa diletakkan di belakang monitor.lebih aman dari serangan virus.dan lebih mudah dalam melakukan maintenance client. 
karena Thin Client ini hanya berfungsi menampilkan dan menjalankan aplikasi yang terinstal di server.Jadi tidak diperlukan lagi  seperti CPU .Motherboard, RAM, dll.
Jika kita sudah memiliki Thin Client. kita cukup menyediakan Monitor,Keyboard dan Mouse saja. untuk Clientnya.
untuk itu Spesifikasi server harus mumpuni agar bisa bekerja lebih efektif dan effisian dalam melayani client.karena Server memiliki tugas yang cukup berat. Minimal Menggunakan Processor Core i5( yg setara) Ram diatas 8 Gb, dan lebih baik menggunakan Media Penyimpanan SSD.
untuk melakukan transfer data dari server ke client sama seperti komputer biasa yaitu dengan kabel UTP atau biasa disebut dengan kabel LAN dengan konektor Rj-45 . berikut gambar topologinya :


Gambar.2 Topologi Jaringan pada Thin Client.

dari penjelasan saya diatas dapat di simpulkan beberapa keuntungan menggunakan Thin Client.
diantara nya :
  • Menghemat biaya listrik
  • Menghemat tempat,dan enak dipandang.
  • Lebih praktis.tidak perlu menginstal satu persatu client.
  • tentunya mengemat waktu,karena tidak perlu menghidupkan client satu persatu.dan sebagainya.
selain keuntungan ada juga bebrapa kekurangan dalam penggunaan Thin Client diantara nya yaitu :
  • Harus memiliki konektifitas jaringan yang baik, karena client terus menerus melakukan interaksi ke server. disini saya sarankan menggunakan jenis kabel UTP yang bagus.serta konektor yang bagus pula. demi manghindari gangguan pada client.
  • Jika server rusak,maka langsung berdampak ke seluruh client.
  • Spesifikasi server harus tinggi. seperti tulisan saya diatas.
demikian pembahasan seputar Thin Client.
terimakasih sudah mengunjungi blog ini ...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Thin Client untuk UNBK | INFOKU.s"

Posting Komentar